Home » Wajib Tahu! Siklus Emosi Trader

Wajib Tahu! Siklus Emosi Trader

by Dani Irawan
347 views
Campaign Jurnal Zero Zero

Mengelola emosi selalu merupakan disiplin yang rumit bagi trader. Mengetahui bagaimana perasaan anda sangat  mempengaruhi peluang di pasar dan membantu untuk memetakan arah terbaik sebelum memasuki pasar.  Berikut komponen siklus emosional dari proses pengambilan keputusan seorang trader :

1. OPTIMIS  –––––  GEMBIRA  –––––  EUPHORIA

Euphoria puncak bahaya emosional bagi seorang trader, di mana perasaan memiliki rasa khawatir sedikit dan berani mengambil risiko yang besar, dengan kata lain ada keyakinan yang berlebih (over confident) dalam arti semakin bersedia meresikokan uang lebih banyak di pasar.

2. CEMAS  –––––  TAKUT –––––  PANIK

Pada tahap awal bagian dari siklus emosi trader ini, perasaan Anda mengingatkan Anda bahwa Anda perlu menyesuaikan perilaku Anda. Misalnya,  kecemasan akan turunnya hujan dan udara dingin membuat kita merencanakan ke depan sebelum pergi ke kantor,  selalu memakai jaket, dan membawa payung atau jas hujan Demikian juga dengan kecemasan finansial. sebelum memasuki pasar, harus punya rencana transaksi: target keuntungan, toleransi resiko dan pengelolaan keuangan di pasar deangan aturan dan disiplin yang ketat. 

3. PUTUS ASA

Di bagian bawah siklus emosi trader ini, adalah di mana bahaya sebenarnya berada.  Di sinilah banyak trader yang putus asa memutuskan bahwa trading tidak sepadan. Kebanyakan trader tidak  menyadari bahwa titik terendah emosional mereka bisa menjadi titik tertinggi peluang pasar. “Dalam rasa khawatir yang besar terkandung peluang yang besar pula”

4. LEGA  –––––  OPTIMIS

Menyaksikan pasar mendapatkan kembali momentumnya, dan mengalami rasa lega itulah yang membuat trader kembali merasa memegang kendali atas pasar dan mengalami siklus emosi yang berulang lagi apabila tidak  belajar dari kerugian – kerugian trading sebelumnya.

Siklus emosi berkaitan dengan psikologi trading dalam melakukan aktivitas di pasar. berikut pemahaman dan komponen psikologi trading

Apa itu Psikologi Trading?

Psikologi trading mengacu pada kondisi mental dan emosi seorang trader yang menentukan sukses atau gagalnya sebuah trading. Ini mewakili aspek perilaku dan karakteristik pedagang yang mempengaruhi tindakan saat melakukan aktivitas transaksi.

Sementara aspek lain seperti pengalaman dan pengetahuan trading  mempengaruhi kesuksesan seorang trader, psikologi trading merupakan faktor penting yang dapat membuat atau menghancurkan trading. Beberapa emosi dan perasaan yang dialami trader sangat membantu, sementara emosi lain seperti kegugupan, ketakutan, dan keserakahan dapat merusak kesuksesan trading dan ini harus bisa diatasi.

Trader yang memahami psikologi trading umumnya akan menghindari pengambilan keputusan berdasarkan emosi Ini dapat membantu melihat peluang yang lebih baik untuk mendapatkan keuntungan selama perdagangan, atau dalam skenario terburuk, meminimalkan tingkat kerugian.

Psikologi trading berbeda untuk setiap trader, dan dipengaruhi oleh emosi dan bias trader. Dua emosi utama yang cenderung mempengaruhi keberhasilan atau kegagalan perdagangan adalah keserakahan dan ketakutan.Keserakahan didefinisikan sebagai keinginan berlebihan untuk mendapatkan keuntungan yang dapat mempengaruhi rasionalitas dan penilaian seorang trader. Keserakahan juga bisa membuat trader bertahan dalam posisi terlalu lama dalam upaya untuk memeras setiap peristiwa dari perdagangan. Adalah umum di akhir pasar bull ketika pedagang mencoba mengambil posisi berisiko dan spekulatif untuk mendapatkan keuntungan dari pergerakan pasar.

Di sisi lain, ketakutan adalah kebalikan dari keserakahan dan alasan mengapa orang keluar dari perdagangan sebelum waktunya atau menahan diri dari mengambil posisi berisiko karena khawatir akan menimbulkan kerugian. Ketakutan membuat investor bertindak tidak rasional saat mereka buru-buru keluar dari perdagangan. Ini biasa terjadi selama pasar beruang, dan ditandai dengan aksi jual yang signifikan dari penjualan panik.

“Ketakutan dan keserakahan memainkan peran penting dalam keseluruhan strategi trader, dan memahami cara mengendalikan emosi sangat penting untuk menjadi trader yang sukses”

Berdasarkan pengalaman kami, seorang trader yang mempunyai tujuan meraih keuntungan dan ingin lebih baik dalam profesinya harus  memahami dan mempelajari :

  1. Bagaimana sebuah laporan ekonomi, pernyataan pejabat bank sentral dan peristiwa geopolitik menggerakan pasar.

      2. Bagaimana cara mengidentifikasi peluang pasar

      3. Bagaimana cara mendeskripsikan dan memverifikasi sebuah trend

      4. Indikasi Dasar mendeskripsikan dan memverifikasi sebuah trend

      5. Indikator teknis dasar yang dapat menemukan target harga

      6. Indikator teknis lanjutan yang dapat menemukan signal harga

      7. Bagaimana menentukan risiko pada sebuah pasar

      8. Bagaimana membuat jurnal trading sebagai key performance indikator seorang trader.

 

 

 

 

Campaign Jurnal Zero Zero

Sahid Soedirman Center, Lt. 20A/E,
Jl. Jenderal Sudirman No 86
Kec. Tanah Abang, DKI Jakarta, 10220

Tentang Kami

Disclaimer : Semua informasi dan data yang tersaji dalam website ini, bukanlah merupakan anjuran / rekomendasi untuk membeli / menjual di pasar saham, forex, atau komoditas. Trading mempunyai potensi keuntungan serta resiko kerugian, oleh karena itu setiap investor dan trader harus membekali dirinya sendiri dengan pengetahuan yang cukup mengenai potensi keuntungan/ kerugian tersebut sebelum mengambil keputusan. Setiap keputusan transaksi harus merupakan keputusan personal sehingga tanggung jawabnya ada pada masing-masing personal yang membuat keputusan tersebut. tpfx.co.id tidak bertanggung jawab atas segala keputusan investasi yang dilakukan oleh siapapun, baik itu yang mendatangkan keuntungan ataupun kerugian, dengan kondisi dan situasi apapun juga, yang diakibatkan secara langsung maupun tidak langsung.
Risk Disclosure : Perdagangan berjangka memiliki peluang dan resiko yang tinggi. Apabila anda hendak berinvestasi dalam perdagangan berjangka, anda terlebih dahulu harus mengerti dan memahami kegiatan perdagangan berjangka serta isi dari perjanjian dan peraturan transaksi.

© 2023. PT Trijaya Pratama Futures