Home » Trading Perak: Menguntungkan atau Tidak

Trading Perak: Menguntungkan atau Tidak

by TPFX
47 views
Campaign Jurnal Zero Zero

Trading komoditas yang terkenal adalah emas. Padahal, selain emas, Anda juga bisa trading komoditas perak (XAG). Perak merupakan jenis logam mulia yang memiliki beragam manfaat di dunia industri. Perak sering digunakan untuk elektronik, alat makan, hingga perhiasan. Tak hanya itu saja, ternyata perak juga memiliki banyak permintaan dari trader. Pasalnya, logam yang satu ini dianggap lebih terjangkau dibandingkan emas.

Trading perak mulai meningkat semenjak keuntungan yang diperoleh cukup besar serta dengan tingkat likuiditas yang cukup tinggi. Oleh karena itu, banyak broker yang menyarankan perak sebagai instrumen alternatif dari trading emas.

Mengingat popularitas perak di kalangan trader, wajar apabila banyak broker Indonesia yang menyediakan jasa trading perak sebagai instrumen alternatif. Masing-masing broker memiliki kondisi yang berbeda terkait aset yang satu ini. Namun sebelum mencari tahu perbedaan masing-masing broker penyedia trading perak, pelajari dulu apa aja faktor yang menggerakkan harga perak.

Faktor Penggerak Harga Perak

Sama seperti perak, ada beberapa hal yang dapat memengaruhi harga perak di pasar. Berikut adalah beberapa faktor penggerak harga perak:

  1. Supply and Demand
    Sama seperti kebanyakan komoditas lainnya, penggerak perak yang pertama adalah hukum supply dan demand. Harga perak akan turun saat suplai sedang banyak namun permintaan sedikit. Sebaliknya, jika permintaan pasar banyak namun suplai perak sedikit, maka harganya akan naik pesat. Untuk itu, penting bagi trader memperhatikan potensi naik turun supply dan demand perak. Informasi semacam ini umumnya bisa didapat dari membaca kabar-kabar tentang komoditas.

Baca juga: Mari Berkenalan Dengan Trading Komoditas Minyak!

  1. Kondisi Ekonomi Politik
    Sama seperti emas, perak juga digunakan sebagai aset safe haven saat kondisi pasar sedang tak pasti. Pasalnya, keduanya sama-sama dianggap dapat mempertahankan nilainya meski harga aset yang lain anjlok. Secara tidak langsung, hal ini membuat harga perak berkorelasi dengan kondisi ekonomi dan politik.

Misalnya, ketika tensi geopolitik meningkat antara AS dan China, maka harga perak berpotensi naik. Ini karena permintaan akan perak meningkat karena banyak yang ingin menyelamatkan kekayaan melalui perak. Ketika ketegangan sudah mereda, biasanya akan ada banyak trader yang menjual perak sehingga harganya berbalik turun.

  1. Industri
    Perkembangan industri juga memiliki andil dalam menggerakkan harga perak. Pasalnya, perak dianggap memiliki kualitas konduktif yang baik, anti bakteri, dan sangat mudah dibentuk. Hasilnya, permintaan perak di bidang industri selalu tinggi. Apalagi, banyak produk industri modern yang belum bisa menggantikan kedudukan perak misalnya baterai, pemurnian air, hingga kedokteran gigi. Hal ini membuat nilai perak aman dari penurunan ekonomi.
  2. Dolar
    Sama seperti kebanyakan komoditas lainnya, pergerakan perak juga dipengaruhi oleh Dolar AS. Setiap fluktuasi Dolar AS berpotensi menyebabkan penguatan atau pelemahan perak. Berbeda dengan emas yang memiliki korelasi negatif dengan dolar, perak justru cenderung sejalan dengan mata uang AS ini. Misalnya, jika nilai Dolar AS mengalami peningkatan, maka nilai perak juga akan ikut meningkat.

Trading Perak, Mengapa Tidak?

Jika bicara soal trading logam mulia, umumnya trader akan jauh lebih memilih trading komoditas emas dibandingkan perak. Padahal, perak juga memiliki banyak kegunaan di beragam industri. Harga perak sulit untuk dimanipulasi karena pasar globalnya sangat luas. Jumlah perak yang lebih terbatas dibandingkan emas menyebabkan harga komoditas ini lebih mudah untuk menguat karena kelangkaannya di pasar. Itu berarti, ada banyak kesempatan bagi trader untuk mencari keuntungan dari trading perak.

Baca juga: Apa Saja Untung dan Rugi dari Trading Komoditi?

Ada beragam cara untuk trading perak, mulai dari CFD hingga Futures. Tetapi, sebelum memilih ingin trading perak dengan cara apa, tak ada salahnya trader mencari tahu broker Indonesia yang menawarkan produk ini  seperti TPFx ataupun di Bursa Berjangka Jakarta. Trading komoditas perak bisa menjadi primadona baru karena selain harganya terjangkau dibandingkan emas, banyak sekali yang mencari untuk kebutuhan industri sehingga untung pun bisa lebih cepat didapat. 

Itulah penjelasan mengenai trading komoditas perak. Dengan modal yang tidak terlalu besar, trader bisa meraup keuntungan dengan memperhatikan faktor-faktor penggerak perak. Yuk, buka Jurnal TPFX sekarang dan temukan ilmu trading yang terpercaya! Jangan lupa daftar menjadi trader di sini! TPFx merupakan perusahaan broker terpercaya dan diawasi serta diregulasi oleh BAPPEBTI. Semoga bermanfaat bagi Anda yang ingin memulai investasi!

Campaign Jurnal Zero Zero

Sahid Soedirman Center, Lt. 20A/E,
Jl. Jenderal Sudirman No 86
Kec. Tanah Abang, DKI Jakarta, 10220

Tentang Kami

Disclaimer : Semua informasi dan data yang tersaji dalam website ini, bukanlah merupakan anjuran / rekomendasi untuk membeli / menjual di pasar saham, forex, atau komoditas. Trading mempunyai potensi keuntungan serta resiko kerugian, oleh karena itu setiap investor dan trader harus membekali dirinya sendiri dengan pengetahuan yang cukup mengenai potensi keuntungan/ kerugian tersebut sebelum mengambil keputusan. Setiap keputusan transaksi harus merupakan keputusan personal sehingga tanggung jawabnya ada pada masing-masing personal yang membuat keputusan tersebut. tpfx.co.id tidak bertanggung jawab atas segala keputusan investasi yang dilakukan oleh siapapun, baik itu yang mendatangkan keuntungan ataupun kerugian, dengan kondisi dan situasi apapun juga, yang diakibatkan secara langsung maupun tidak langsung.
Risk Disclosure : Perdagangan berjangka memiliki peluang dan resiko yang tinggi. Apabila anda hendak berinvestasi dalam perdagangan berjangka, anda terlebih dahulu harus mengerti dan memahami kegiatan perdagangan berjangka serta isi dari perjanjian dan peraturan transaksi.

© 2023. PT Trijaya Pratama Futures