Home » Nikkei 225; Indeks Saham Jepang yang Sangat Popular

Nikkei 225; Indeks Saham Jepang yang Sangat Popular

by TPFX
109 views
Campaign Jurnal Zero Zero

Tolak ukur nilai suatu market saham adalah Indeks Saham. Cara mendapatkannya adalah dengan menghitung nilai rata-rata pergerakan harga saham yang akan kita investasikan dimana harga dari masing-masing saham yang tergabung di indeks saham atau gabungan dari saham unggulan atau blue chip lalu dijumlah dan dibagi dengan jumlah saham yang ada. Dengan cara tersebut, kita bisa menilai apakah indeks saham pilihan  kita sedang menguat atau melemah. 

Bagaimana dengan Nikkei 225 ?

Nikkei 225 adalah indeks saham Jepang yang sangat popular dan sering digunakan para trader dan investor untuk memilih saham terbaik mereka. Ini adalah indeks tertimbang harga yang terdiri dari 225 perusahaan blue-chip teratas Jepang yang diperdagangkan di Bursa Efek Tokyo yang tergabung di dalamnya adalah perusahaan sektor teknologi diantaranya adalah : Toyota, Honda, Suzuki, Yamaha, Sony, dan lain lain.Nikkei setara dengan Indeks Dow Jones Industrial Average (DJIA) di Amerika Serikat. 

Nikkei didirikan sebagai bagian dari pembangunan kembali dan industrialisasi Jepang setelah Perang Dunia Kedua. Saham konstituen diberi peringkat berdasarkan harga saham, bukan berdasarkan kapitalisasi pasar seperti yang biasa terjadi di sebagian besar indeks. Valuasi dalam mata uang yen Jepang. Komposisi Nikkei ditinjau setiap bulan September, dan setiap perubahan yang diperlukan dilakukan pada bulan Oktober.

 

 

Yang sama seperti Nikkei; TOPIX

TOPIX adalah singkatan dari Indeks Harga Tokyo. Yaitu indeks besar yang menjadi tolak ukur Bursa Saham Tokyo. TOPIX menggunakan metode pergerakan harga saham yang cukup aktif dari perusahaan yang tergabung di dalamnya dan kapitalisasi untuk semua saham di bagian pertama Bursa Saham Tokyo. TOPIX dipengaruhi oleh saham dengan valuasi pasar yang besar, seperti keuangan. Jadi, TOPIX adalah indeks yang mencakup semua saham di Bursa Saham Tokyo.

Sementara Nikkei adalah indeks dari 225 saham terpilih dari Bursa Saham Tokyo. Sementara saham perusahaan lain ditimbang berdasarkan harga per sahamnya, Nikkei cenderung dipengaruhi oleh saham-saham berharga tinggi seperti saham-saham teknologi.

Apapun indeks saham yang kita ingin pelajari, ataupun emiten saham apa yang akan kita pilih untuk kita investasikan atau untuk trading saham di market, kita harus mengenal secara detail baik indeks, juga emiten tersebut, dan melihat perusahaan apa saja yang tergabung di bursa saham tersebut lalu dapat diliihat pula kinerja dan laporan rugi laba perusahaan yang bersangkutan.. Anda dapat meriset terlebih dahulu bagaimana perusahaan emiten pilihan Anda, sektor ekonomi nya apa, seberapa besar peluang potensi trading saham Anda, apakah emiten ini muncul hanya karena popular sementara, dll. 

 

Anda bisa mulai trading melalui indeks saham besar dunia seperti Nikkei 225, NASDAQ, Dow Jones, S&P 500, dan Han Seng, melalui broker terpercaya seperti TPFx. Di TPFx tidak hanya tersedia indeks trading saham saja tapi Anda juga bisa mulai trading komiditi dengan fluktuasi harga yang tinggi, memiliki variasi komoditas terlengkap dan paling banyak ditransaksikan, bahkan Anda bisa mulai trading saham dengan modal yang minim. Dapatkan keuntungan tambahan dari trading dengan buka akun Anda saat ini juga!

 

Campaign Jurnal Zero Zero

Leave a Comment

Sahid Soedirman Center, Lt. 20A/E,
Jl. Jenderal Sudirman No 86
Kec. Tanah Abang, DKI Jakarta, 10220

Tentang Kami

Disclaimer : Semua informasi dan data yang tersaji dalam website ini, bukanlah merupakan anjuran / rekomendasi untuk membeli / menjual di pasar saham, forex, atau komoditas. Trading mempunyai potensi keuntungan serta resiko kerugian, oleh karena itu setiap investor dan trader harus membekali dirinya sendiri dengan pengetahuan yang cukup mengenai potensi keuntungan/ kerugian tersebut sebelum mengambil keputusan. Setiap keputusan transaksi harus merupakan keputusan personal sehingga tanggung jawabnya ada pada masing-masing personal yang membuat keputusan tersebut. tpfx.co.id tidak bertanggung jawab atas segala keputusan investasi yang dilakukan oleh siapapun, baik itu yang mendatangkan keuntungan ataupun kerugian, dengan kondisi dan situasi apapun juga, yang diakibatkan secara langsung maupun tidak langsung.
Risk Disclosure : Perdagangan berjangka memiliki peluang dan resiko yang tinggi. Apabila anda hendak berinvestasi dalam perdagangan berjangka, anda terlebih dahulu harus mengerti dan memahami kegiatan perdagangan berjangka serta isi dari perjanjian dan peraturan transaksi.

© 2023. PT Trijaya Pratama Futures