Home » Mengapa Investor Masih Melirik Emas?

Mengapa Investor Masih Melirik Emas?

by TPFX
21 views
Campaign Jurnal Zero Zero

Emas adalah komoditas yang telah bersama kita sejak zaman kuno. Biasanya, kita membeli emas batangan lalu kita simpan di brankas rumah, atau kita simpan di Pegadaian, dan juga untuk para wanita umumnya membeli dalam bentuk perhiasan agar bisa sekaligus menjadi penunjang penampilan. Selain menjadi penunjang penampilan, emas juga menjadi simbol kekayaan bagi si pemakai. Jadi, selain menjadi instrumen investasi, emas juga memiliki sisi konsumerisme. 

 

Bagaimana dengan sistem pergerakan harga emas ?

Pergerakan nilainya cukup fluktuatif dalam jangka waktu pendek, namun sangat stabil untuk jangka panjang. Hal ini menjadikannya komoditas favorit banyak orang, terutama yang kini sudah menjadi orangtua. 

 

Lalu bagaimana cara kita berinvestasi dengan emas ? 

Nah, dari sisi sistem perdagangan nya, emas hanya memiliki dua transaksi yaitu pembelian dan penjualan. Kita akan membelinya disaat harga murah dan menjualnya ketika harganya sudah naik sesuai target kita.

Namun, beberapa orang berpendapat bahwa investasi dan trading emas adalah dua hal yang berbeda. Trading adalah transaksi yang terjadi karena mengambil posisi pada harga tertentu, sementara Investasi berarti membeli hak kepemilikan aset. Namun, apapun pendapat dan cara Anda menggunakan emas, sistem perdagangan nya tetaplah sama, yaitu jual dan beli.

 

 

Kemudian dari sisi stabilitasnya

Emas adalah salah satu komoditas yang paling langka, paling sulit, dan paling mahal untuk ditemukan dan ditambang di luar sana, dan merupakan tempat berlindung/ lindung nilai (aset safe haven) yang aman bagi investor. Ia tetap memiliki nilai tinggi di saat-saat sulit, bahkan menjadi primadona disaat inflasi tinggi serta keadaan ekonomi global yang memprihatinkan. Pada tahun 2020, dikala wabah Corona mulai melanda dunia, harga emas justru melonjak tajam dan menyentuh level tertinggi sepanjang sejarah di US $ 2075/troy ounce emas. Selain itu, harga emas di tahun itu juga mencapai nilai tertinggi yang baru, yaitu ditutup dengan harga Rp 967.000/gram pada 30 Desember 2020. Bagaimana dengan sekarang? Per artikel ini dibuat, harga emas berada di Rp 897.989/gr. Selisih yang tidak banyak bukan ?  

Dengan kestabilan ini, investor dengan percaya diri melindungi modal investasi mereka dari kerugian besar dengan menyimpan nya melalui emas. 

 

Untuk memulai trading emas online ataupun komoditas lainnya seperti emas, perak, dan oil Anda bisa memilih broker terpercaya dan teregulasi oleh BAPPEBTIl seperti TPFx yang bebas dari biaya swap atau biaya inap, memiliki spread yang rendah, variasi komoditas yang beragam dan lengkap. Ingin raih keuntungan trading? Buka akun trading Anda sekarang!

 

Campaign Jurnal Zero Zero

Leave a Comment

Sahid Soedirman Center, Lt. 20A/E,
Jl. Jenderal Sudirman No 86
Kec. Tanah Abang, DKI Jakarta, 10220

Tentang Kami

Disclaimer : Semua informasi dan data yang tersaji dalam website ini, bukanlah merupakan anjuran / rekomendasi untuk membeli / menjual di pasar saham, forex, atau komoditas. Trading mempunyai potensi keuntungan serta resiko kerugian, oleh karena itu setiap investor dan trader harus membekali dirinya sendiri dengan pengetahuan yang cukup mengenai potensi keuntungan/ kerugian tersebut sebelum mengambil keputusan. Setiap keputusan transaksi harus merupakan keputusan personal sehingga tanggung jawabnya ada pada masing-masing personal yang membuat keputusan tersebut. tpfx.co.id tidak bertanggung jawab atas segala keputusan investasi yang dilakukan oleh siapapun, baik itu yang mendatangkan keuntungan ataupun kerugian, dengan kondisi dan situasi apapun juga, yang diakibatkan secara langsung maupun tidak langsung.
Risk Disclosure : Perdagangan berjangka memiliki peluang dan resiko yang tinggi. Apabila anda hendak berinvestasi dalam perdagangan berjangka, anda terlebih dahulu harus mengerti dan memahami kegiatan perdagangan berjangka serta isi dari perjanjian dan peraturan transaksi.

© 2023. PT Trijaya Pratama Futures