Home » Mari Berkenalan Dengan Saham Alphabet

Mari Berkenalan Dengan Saham Alphabet

by TPFX
19 views
Campaign Jurnal Zero Zero

GOOG dan GOOGL adalah simbol saham Alphabet (perusahaan yang sebelumnya dikenal sebagai Google). Simbol saham adalah deretan huruf yang sekuritas beri untuk mewakili nama perusahaan yang tergabung di bursa indeks saham Amerika, yang dikenal dengan Dowjones atau Wallstreet agar dapat melantai di pasar perdagangan.

Ketika perusahaan go public, kendali pimpinan terhadap perusahaan tersebut akan semakin sulit. Hal ini dikarenakan penawaran dan penjualan saham tambahan membuat mereka menjadi minoritas.

Maka pada 2014, pendiri perusahaan menciptakan saham kelas baru, yaitu saham Kelas C untuk setiap saham Kelas A yang sebelumnya dipegang oleh pemegang saham. Siapapun yang memegang saham A pada saat pemecahan, menerima jumlah saham C yang sama, tetapi hak suara mereka tidak bertambah. Dengan cara ini, diharapkan dapat mempertahankan kontrol perusahaan oleh para pendiri dan investor awal setelah perusahaan direorganisasi sebagai Alphabet Inc.

GOOGL

Saham GOOGL dikategorikan sebagai saham alphabet Kelas A. Saham kelas A dikenal sebagai saham biasa. Mereka memberi investor saham kepemilikan dan biasanya hak suara. Mereka adalah jenis saham yang paling umum.

GOOG

Saham GOOG adalah saham alphabet Kelas C perusahaan. Saham Kelas C memberi pemegang saham kepemilikan saham di perusahaan. Namun, mereka tidak dapat memberikan hak suara kepada pemegang saham. Akibatnya, saham ini cenderung diperdagangkan dengan diskon sederhana untuk saham Kelas A.

 

Rangkuman Perbedaan Kelas

Kelas A: Dimiliki oleh investor biasa dengan hak suara reguler (GOOGL)

Kelas B: Dimiliki oleh para pendiri, dengan 10 kali hak suara saham Kelas A

Kelas C: Tidak ada hak suara, biasanya dipegang oleh karyawan dan beberapa pemegang saham Kelas A (GOOG)

Jadi, perbedaan utama antara saham alphabet GOOG dan GOOGL adalah saham GOOG tidak memiliki hak suara, sedangkan saham GOOGL memilikinya.

Karena saham A memiliki lebih banyak hak suara, seharusnya mereka sering diperdagangkan dengan harga yang cukup berbeda. Namun yang terjadi, GOOG dan GOOGL sering kali berdagang dengan harga yang hampir sama. Misalnya, pada 1 Agustus 2022, saham GOOG dibuka di sekitar $115,53 dan GOOGL di $115,30.

 

Kini, Anda sudah memahami sebagian ilmu mengenai saham alphabet. Anda bisa mulai trading dengan indeks saham besar dunia melalui broker terpercaya seperti TPFx. Dapatkan keuntungan tambahan dari trading dengan buka akun Anda saat ini juga!

 

 

Campaign Jurnal Zero Zero

Sahid Soedirman Center, Lt. 20A/E,
Jl. Jenderal Sudirman No 86
Kec. Tanah Abang, DKI Jakarta, 10220

Tentang Kami

Disclaimer : Semua informasi dan data yang tersaji dalam website ini, bukanlah merupakan anjuran / rekomendasi untuk membeli / menjual di pasar saham, forex, atau komoditas. Trading mempunyai potensi keuntungan serta resiko kerugian, oleh karena itu setiap investor dan trader harus membekali dirinya sendiri dengan pengetahuan yang cukup mengenai potensi keuntungan/ kerugian tersebut sebelum mengambil keputusan. Setiap keputusan transaksi harus merupakan keputusan personal sehingga tanggung jawabnya ada pada masing-masing personal yang membuat keputusan tersebut. tpfx.co.id tidak bertanggung jawab atas segala keputusan investasi yang dilakukan oleh siapapun, baik itu yang mendatangkan keuntungan ataupun kerugian, dengan kondisi dan situasi apapun juga, yang diakibatkan secara langsung maupun tidak langsung.
Risk Disclosure : Perdagangan berjangka memiliki peluang dan resiko yang tinggi. Apabila anda hendak berinvestasi dalam perdagangan berjangka, anda terlebih dahulu harus mengerti dan memahami kegiatan perdagangan berjangka serta isi dari perjanjian dan peraturan transaksi.

© 2023. PT Trijaya Pratama Futures