Home » Kelebihan Future Trading Dengan Trading Saham Lain

Kelebihan Future Trading Dengan Trading Saham Lain

by TPFX
25 views
Campaign Jurnal Zero Zero

Future trading adalah perjanjian kontrak untuk membeli dan menjual aset pada tanggal yang ditentukan, begitu juga dengan harganya. Ketika kontrak berjangka berakhir, pembeli berkewajiban untuk membeli dan menerima aset dasar. Maka penjual pun wajib untuk menyerahkan aset dasar. Kontrak seperti ini diperdagangkan di bursa berjangka seperti CME Group dan memerlukan broker yang memiliki izin untuk melakukan future trading.

Para investor institusi seringkali menggunakan Future trading sebagai cara untuk melindungi portofolio mereka dengan mengelola risiko harga aset mereka. Tentu saja, saham atau ETF juga dapat digunakan untuk melindungi aset terhadap pergerakan harga di market masa depan. Masing-masing memiliki risikonya sendiri. Namun ada beberapa manfaat berbeda yang dapat ditawarkan future trading yang tidak dimiliki pasar ekuitas.

Leverage

Leverage secara harfiahnya adalah “daya ungkit” namun pengertian di futures trading merupakan suatu mekanisme dimana peluang profit potensial di market  yang dimiliki oleh semua client, dengan artian antara modal  besar dan kecil mempunyai peluang yang sama.

 

Di future trading, jumlah margin awal yang diperlukan biasanya ditetapkan antara 3-10% dari nilai kontrak. Sementara pada ekuitas, Anda harus membayar 50% atau lebih dari nilai totalnya. Leverage memberi Anda potensi untuk menghasilkan return yang lebih besar dibanding jumlah yang Anda investasikan, tetapi juga menempatkan Anda pada risiko yang lebih besar. Kelebihan dari  futures trading adalah risiko dapat diminimalisir dan diatur sesuai kesanggupan pribadi client/Anda sendiri.

 

 

Diversifikasi

Ada beberapa hal yang dapat dilakukan future trading namun tidak daapt dilakukan oleh saham dan ETF. Futures dapat memberi Anda efek langsung pergerakan harga market terhadap aset dalam perjanjian kontrak. Selain itu, futures memungkinkan Anda untuk dapat mengakses aset tertentu yang biasanya tidak ditemukan di pasar lain. Dan Futures memiliki strategi untuk mengelola beberapa risiko terhadap peristiwa di masa depan yang berpengaruh terhadap pergerakan market.

 

Tidak Dikenakan Pajak

Pada futures trading dari sisi client tidak akan dikenakan pajak saat untung, namun ada biaya/komisi atau biaya inap serta biaya lainnya, yang dibebankan ketika trading dan jika untung maka nilai akhir yang nampak di aplikasi trading (Metatrader 4) sudah dikurangi dengan biaya tersebut. Sedangkan untuk rugi, hasilnya ditambahkan dengan biaya yang disebutkan diatas.

Anda dapat memulai future trading dengan broker terpercaya dan teregulasi oleh BAPPEBTIl seperti TPFx yang bebas dari biaya swap atau biaya inap, memiliki spread yang rendah, variasi komoditas yang beragam dan lengkap, hingga Anda bisa memulai trading menggunakan modal yang minim dengan leverage sampai 1:400. Buka akun trading Anda sekarang!

Campaign Jurnal Zero Zero

Leave a Comment

Sahid Soedirman Center, Lt. 20A/E,
Jl. Jenderal Sudirman No 86
Kec. Tanah Abang, DKI Jakarta, 10220

Tentang Kami

Disclaimer : Semua informasi dan data yang tersaji dalam website ini, bukanlah merupakan anjuran / rekomendasi untuk membeli / menjual di pasar saham, forex, atau komoditas. Trading mempunyai potensi keuntungan serta resiko kerugian, oleh karena itu setiap investor dan trader harus membekali dirinya sendiri dengan pengetahuan yang cukup mengenai potensi keuntungan/ kerugian tersebut sebelum mengambil keputusan. Setiap keputusan transaksi harus merupakan keputusan personal sehingga tanggung jawabnya ada pada masing-masing personal yang membuat keputusan tersebut. tpfx.co.id tidak bertanggung jawab atas segala keputusan investasi yang dilakukan oleh siapapun, baik itu yang mendatangkan keuntungan ataupun kerugian, dengan kondisi dan situasi apapun juga, yang diakibatkan secara langsung maupun tidak langsung.
Risk Disclosure : Perdagangan berjangka memiliki peluang dan resiko yang tinggi. Apabila anda hendak berinvestasi dalam perdagangan berjangka, anda terlebih dahulu harus mengerti dan memahami kegiatan perdagangan berjangka serta isi dari perjanjian dan peraturan transaksi.

© 2023. PT Trijaya Pratama Futures