Home » Kekurangan output dari OPEC+ secara terus menurus dapat mendorong harga minyak lebih tinggi lagi

Kekurangan output dari OPEC+ secara terus menurus dapat mendorong harga minyak lebih tinggi lagi

by Paulo
65 views
Campaign Jurnal Zero Zero

Jika OPEC+ terus gagal dalam mencapai target produksi minyaknya di tengah meningkatnya permintaan dan persediaan pada posisi terendah di beberapa tahun terakhir, harga minyak akan tetap berada di bawah tekanan ke atas dan ditetapkan untuk lebih banyak volatilitas

Gap antara output OPEC+ dan level targetnya melonjak menjadi sebanyak 900.000 barel per hari (bpd) pada Januari

Perkiraan tingkat pertumbuhan global tahun ini sebagian besar tetap tidak berubah, tetapi memperkirakan permintaan minyak dunia akan naik 3,2 juta bpd tahun ini dan mencapai 100,6 juta bpd, karena pembatasan untuk menahan penyebaran COVID mereda.

Pada saat yang sama, tingkat stok industri minyak mentah secara global terus menyusut.

Stok minyak industri OECD turun tajam 60 juta barel pada bulan Desember, Persediaan minyak di negara negara maju adalah 355 juta barel lebih rendah dari tahun lalu dan terendah dalam tujuh tahun. Data awal Januari menunjukkan stok industri OECD turun 13,5 juta barel lagi.

Pasokan minyak global naik 560.000 bpd menjadi 98,7 juta bpd pada Januari, sebagian besar dari negara-negara di luar pakta OPEC+, sementara OPEC+ terus menunjukkan kinerja buruk “kronis” dibandingkan target.

Jika GAP yang terus-menerus antara output OPEC+ dan level targetnya berlanjut, ketegangan pasokan akan meningkat dengan hasil lebih banyak volatilitas dan tekanan ke atas pada harga.

Tetapi risiko-risiko ini, yang memiliki implikasi ekonomi yang luas, dapat dikurangi jika produsen di Timur Tengah dengan kapasitas cadangan minyak bisa mengkompensasi minyak mentah lebihan.

Tetapi hanya dua negara, Arab Saudi dan Uni Emirat Arab (UEA), yang memilikinya cadangan minyak mentah yang besar. Selain Iran juga dapat menambahkan 1,3 juta bpd ke pasar jika pembicaraan nuklir berhasil dan sanksi AS terhadap ekspor minyak Iran dihapus.

 

TO BE CONTINUED

Campaign Jurnal Zero Zero

Sahid Soedirman Center, Lt. 20A/E,
Jl. Jenderal Sudirman No 86
Kec. Tanah Abang, DKI Jakarta, 10220

Tentang Kami

Disclaimer : Semua informasi dan data yang tersaji dalam website ini, bukanlah merupakan anjuran / rekomendasi untuk membeli / menjual di pasar saham, forex, atau komoditas. Trading mempunyai potensi keuntungan serta resiko kerugian, oleh karena itu setiap investor dan trader harus membekali dirinya sendiri dengan pengetahuan yang cukup mengenai potensi keuntungan/ kerugian tersebut sebelum mengambil keputusan. Setiap keputusan transaksi harus merupakan keputusan personal sehingga tanggung jawabnya ada pada masing-masing personal yang membuat keputusan tersebut. tpfx.co.id tidak bertanggung jawab atas segala keputusan investasi yang dilakukan oleh siapapun, baik itu yang mendatangkan keuntungan ataupun kerugian, dengan kondisi dan situasi apapun juga, yang diakibatkan secara langsung maupun tidak langsung.
Risk Disclosure : Perdagangan berjangka memiliki peluang dan resiko yang tinggi. Apabila anda hendak berinvestasi dalam perdagangan berjangka, anda terlebih dahulu harus mengerti dan memahami kegiatan perdagangan berjangka serta isi dari perjanjian dan peraturan transaksi.

© 2023. PT Trijaya Pratama Futures