Home » Ingin Tahu Cara Trading Saham yang Benar? Wajib Kenal Dulu Dengan Indeks Saham

Ingin Tahu Cara Trading Saham yang Benar? Wajib Kenal Dulu Dengan Indeks Saham

by TPFX
27 views
Campaign Jurnal Zero Zero

Sekarang ini tidak jarang kita temukan banyak orang yang berlomba-lomba menjadikan saham sebagai instrumen investasi mereka. Bukan lagi menjadi tabungan jangka panjang, namun saham juga dimanfaatkan untuk para trader sebagai instrumen trading.

Bukan tanpa alasan, hal ini dikarenakan saham memiliki potensi keuntungan yang berkali-kali lipat. Namun untuk mencapai keuntungan yang diinginkan diperlukan pemahaman, strategi, serta analisis yang tidak asal.

Salah satu langkah awal dalam mengetahui bagaimana cara trading saham yang benar dan efektif, Anda perlu memahami apa itu indeks saham dan kegunaannya. Untuk itu, mari simak penjelasannya berikut ini.

Pengertian Indeks Saham

Indeks saham pada dasarnya adalah pengukuran nilai pada pasar saham. Perhitungan indeks saham dihitung dengan melihat pergerakan harga pada saham tertentu yang umumnya menggunakan rata-rata tertimbang.

Pergerakan harga dari sekumpulan saham tersebut dapat menjadi tolak ukur situasi pasar saham secara menyeluruh. Nilai yang ada pada indeks saham dipengaruhi oleh harga saham dalam portofolio tersebut dan bobot dari masing-masing saham. Apabila banyak saham yang berdedar dan besar nilainya, maka semakin besar juga bobot saham dan akhirnya akan mempengaruhi pergerakan indeks.

Oleh karena itu untuk mempelajari cara trading saham yang efektif sebagai trader, Anda harus terlebih dahulu memahami indeks saham dan juga manfaatnya.

Contoh Indeks Saham

Beberapa contoh indeks saham terkemuka di dunia meliputi:

S&P 500 – 500 saham teratas di Amerika Serikat
Dow Jones Industrial Average – 30 saham teratas di Amerika Serikat
Nasdaq Composite – Semua sekuritas yang terdaftar di NASDAQ Exchange
S&P 100 – 100 saham teratas di Amerika Serikat
Russell 1000 – 100 saham dengan peringkat tertinggi di Amerika Serikat
S&P 400 – 400 saham teratas di Amerika Serikat
Russell Mid-Cap – 800 perusahaan terkecil bagian dari Russell 1000
FTSE 250 – Saham terbesar ke-101 hingga ke-350 yang terdaftar di FTSE
NIFTY 50 – 50 saham teratas NSE India

Manfaat Indeks Saham

Alasan utama indeks saham dibuat tentu karena adanya berbagai saham yang terdaftar dalam pasar modal. Apalagi pergerakan tersebut juga menjadi acuan bagi para trader ataupun investor untuk dapat menganalisis kondisi pasar saham secara umum , menentukan strategi dan cara trading saham yang tepat, dan melihat perubahan kebijakan ataupun performa harga dari suatu saham.

Manfaat lain dari indeks saham adalah :

  • Digunakan untuk mengukur sentimen pasar.
  • Benchmark untuk menilai kinerja dari portofolio aktif.
  • Mengetahui tren pergerakan saham saat ini.
  • Sebagai acuan dalam menentukan langkah selanjutnya yang harus diambil apakah itu jual, hold, atau beli suatu saham.
  • Indikator yang menggambarkan kondisi pasar terkini.
  • Proksi dalam mengukur dan membuat model pengembalian investasi (return), risiko sistematis, dan kinerja yang disesuaikan dengan risiko.
  • Proksi untuk kelas aset pada alokasi aset.

Mempelajari cara trading saham dapat dimulai dengan memahami sekaligus memilih indeks saham yang tepat agar dapat semaksimal mungkin mendapatkan profit atau keuntungan yang diinginkan. Namun walaupun indeks saham dijadikan sebagai acuan, Anda juga harus ingat bahwa dalam melakukan trading Anda tidak hanya akan mendapat keuntungan namun risiko kerugian juga bisa terjadi.

Setelah mengetahui seberapa pentingnya indeks saham dalam menentukan cara trading saham, Anda bisa langsung memulai trading index saham terlengkap seperti NASDAQ, Dow Jones, S&P 500, Hang Seng dan Nikkei 225 dengan modal minim dengan menggunakan broker legal, terpercaya, dan teregulasi seperti TPFx. Selain itu, dengan trading Index menggunakan TPFx Anda dapat melakukan trading harian tanpa biaya swap, tanpa ada requote dengan spread rendah, dan leverage yang besar. Buat akun trading Index Anda di sini.

Campaign Jurnal Zero Zero

Leave a Comment

Sahid Soedirman Center, Lt. 20A/E,
Jl. Jenderal Sudirman No 86
Kec. Tanah Abang, DKI Jakarta, 10220

Tentang Kami

Disclaimer : Semua informasi dan data yang tersaji dalam website ini, bukanlah merupakan anjuran / rekomendasi untuk membeli / menjual di pasar saham, forex, atau komoditas. Trading mempunyai potensi keuntungan serta resiko kerugian, oleh karena itu setiap investor dan trader harus membekali dirinya sendiri dengan pengetahuan yang cukup mengenai potensi keuntungan/ kerugian tersebut sebelum mengambil keputusan. Setiap keputusan transaksi harus merupakan keputusan personal sehingga tanggung jawabnya ada pada masing-masing personal yang membuat keputusan tersebut. tpfx.co.id tidak bertanggung jawab atas segala keputusan investasi yang dilakukan oleh siapapun, baik itu yang mendatangkan keuntungan ataupun kerugian, dengan kondisi dan situasi apapun juga, yang diakibatkan secara langsung maupun tidak langsung.
Risk Disclosure : Perdagangan berjangka memiliki peluang dan resiko yang tinggi. Apabila anda hendak berinvestasi dalam perdagangan berjangka, anda terlebih dahulu harus mengerti dan memahami kegiatan perdagangan berjangka serta isi dari perjanjian dan peraturan transaksi.

© 2023. PT Trijaya Pratama Futures