Home » Baru Kenal Dunia Trading? Cari Tahu Perbedaan Saham dan Trading Emas

Baru Kenal Dunia Trading? Cari Tahu Perbedaan Saham dan Trading Emas

by TPFX
33 views
Campaign Jurnal Zero Zero

Dari masa ke masa, emas memang sudah menjadi instrumen investasi dan trading yang digemari masyarakat. Bukan tanpa sebab, harga emas yang selalu mengalami kenaikan setiap tahunnya menjadi penyebab utama. Namun beberapa tahun kebelakang ini, kepopuleran saham mulai menggeser popularitas emas. 

Kedua instrumen ini memiliki karakteristik dan keunggulannya masing-masing. Lantas, apa saja perbedaan saham dan trading emas? Ingin tahu selengkapnya? Berikut penjelasannya untuk Anda.

Kompleksitas


Perbedaan saham dan trading emas yang pertama terletak pada tingkat kompleksitasnya. Faktanya, trading saham memiliki tingkat kompleksitas yang lebih tinggi dari emas. Sebagai contoh, di bursa saham Amerika saja tercatat ada sekitar 2.308 saham perusahaan yang harus Anda pilih. Namun untuk trading emas, Anda hanya perlu memperhatikan satu hal saja yaitu emas itu sendiri.

Sifat

Hal yang perlu diketahui selanjutnya adalah investasi maupun trading saham bersifat aktif di mana labanya sangat berpegang pada performa perusahaan. Anda bisa mengawasi kapan sebaiknya Anda membeli atau menjual saham tersebut sesuai dengan performanya yang dapat terukur. 

Pada trading emas yang berfungsi sebagai lindung nilai, naik dan turunnya harga hanya mengikuti takarannya sesuai dengan kondisi geopolitik dan sentimen pasar. 

 

Fluktuasi

Pergerakan harga yang sangat volatil juga menjadi salah satu perbedaan saham dan trading emas. Fluktuasi harian harga saham relatif tidak terlalu tajam dan penurunan maksimal di saham juga memiliki batas. Namun pada trading komoditi emas, Anda perlu menghadapi volatilitas harga yang tinggi. Harga emas bisa naik atau turun sebesar 800-100 pip (800 pips = 8 poin -1000 pips = 10 poin) dalam hitungan menit saja.

Untuk mengatasi resiko kerugian sangat disarankan untuk memiliki keamanan keuangan serta arus keuangan yang baik serta upaya-upaya preventif sebelum benar-benar masuk ke dalam dunia trading.

 

Peluang Keuntungan

Komoditi emas yang termasuk dalam instrumen trading kontrak berjangka, memiliki two way opportunity atau peluang dua arah. Jadi, Anda bisa mendapatkan peluang keuntungan kemanapun arah harga bergerak entah itu naik atau turun. Sedangkan saat Anda melakukan kegiatan trading saham, keuntungan hanya bisa didapatkan apabila harga saham naik saja.

Fleksibilitas Waktu

Hal yang juga menjadi perbedaan saham dan trading emas adalah fleksibilitas waktunya. Anda bisa melakukan trading emas selama 24 jam dari hari Senin hingga Sabtu dini hari. Sedangkan untuk trading saham biasanya dilakukan dari pagi hingga sore ataupun hanya pada jam-jam tertentu saja. Selain itu, setiap bursa saham di seluruh dunia memiliki pembagian waktu yang berbeda-beda.

 

Itulah tadi beberapa perbedaan saham dan trading emas. Kedua instrumen ini memiliki karakteristik masing-masing yang bisa Anda sesuaikan dengan tujuan keuangan yang ingin diraih. Untuk memulai trading komoditi emas ataupun komoditas lainnya seperti emas, perak, dan oil Anda bisa memilih broker terpercaya dan teregulasi oleh BAPPEBTIl seperti TPFx yang bebas dari biaya swap atau biaya inap, memiliki spread yang rendah, variasi komoditas yang beragam dan lengkap, hingga Anda bisa memulai trading menggunakan modal yang minim dengan leverage sampai 1:400. Ingin raih keuntungan trading? Buka akun trading Anda sekarang!

 

Campaign Jurnal Zero Zero

Leave a Comment

Sahid Soedirman Center, Lt. 20A/E,
Jl. Jenderal Sudirman No 86
Kec. Tanah Abang, DKI Jakarta, 10220

Tentang Kami

Disclaimer : Semua informasi dan data yang tersaji dalam website ini, bukanlah merupakan anjuran / rekomendasi untuk membeli / menjual di pasar saham, forex, atau komoditas. Trading mempunyai potensi keuntungan serta resiko kerugian, oleh karena itu setiap investor dan trader harus membekali dirinya sendiri dengan pengetahuan yang cukup mengenai potensi keuntungan/ kerugian tersebut sebelum mengambil keputusan. Setiap keputusan transaksi harus merupakan keputusan personal sehingga tanggung jawabnya ada pada masing-masing personal yang membuat keputusan tersebut. tpfx.co.id tidak bertanggung jawab atas segala keputusan investasi yang dilakukan oleh siapapun, baik itu yang mendatangkan keuntungan ataupun kerugian, dengan kondisi dan situasi apapun juga, yang diakibatkan secara langsung maupun tidak langsung.
Risk Disclosure : Perdagangan berjangka memiliki peluang dan resiko yang tinggi. Apabila anda hendak berinvestasi dalam perdagangan berjangka, anda terlebih dahulu harus mengerti dan memahami kegiatan perdagangan berjangka serta isi dari perjanjian dan peraturan transaksi.

© 2023. PT Trijaya Pratama Futures