Home » Apakah Indeks NASDAQ Cocok Untuk Anda ?

Apakah Indeks NASDAQ Cocok Untuk Anda ?

by TPFX
26 views
Campaign Jurnal Zero Zero

Masih sedikit investor yang memahami penuh bagaimana komposisi dan cara kerja index Nasdaq. Maka dari itu, mari kita bahas cara kerja trading saham dalam indeks tersebut  dan bagaimana Anda dapat berinvestasi di dalamnya jika Anda memutuskan itu cocok untuk strategi investasi Anda.

 

Nasdaq Composite 

adalah indeks pasar saham yang terdiri dari saham-saham yang tercatat di bursa saham Nasdaq dan melantai di bursa saham Amerika Wallstreet atau Dowjones. untuk saham sektor teknologi semua perusahaan dan saham bluechip/saham unggulan tergabung di Nasdaq. Nasdaq adalah bursa saham elektronik dunia yang pertama. 

Untuk dimasukkan dalam indeks, sebuah saham harus terdaftar secara eksklusif di market Nasdaq. 5 indeks Nasdaq yang terkenal diantaranya, Nasdaq Transportation Index, Nasdaq Bank, Nasdaq Biotechnology Index, dan Nasdaq Composite Nasdaq-100. 

Karena Nasdaq memiliki konsentrasi perusahaan yang tinggi di sektor teknologi, Indeks Komposit Nasdaq sering dianggap sebagai barometer yang baik tentang seberapa baik kinerja pasar teknologi. Hasil market juga menunjukkan 10 saham teratas di Nasdaq Composite menyumbang sekitar 47% dari kinerja indeks, seperti Apple (AAPL), Microsoft (MSFT), Amazon (AMZN), Meta (META), Alfabet bagian A (GOOGL) ,Alfabet bagian C (GOOG), Tesla (TSLA), NVIDIA (NVDA), Paypal (PYPL), Intel (INTC).

 

Kriteria Perusahaan

Nasdaq memiliki kriteria untuk perusahaan seperti apa yang bisa bergabung didalamnya, sehingga isinya hanyalah pilihan saham yang bagus untuk trading.

Yang pertama, sebuah saham harus terdaftar secara eksklusif di pasar Nasdaq. Kemudian, memiliki volume market dengan minimum 200.000 lembar saham, dan sudah go public minimal 3 bulan. 

Contoh yang termasuk :

  •     Apple (AAPL)
  •     Amazon (AMZN)

Contoh yang tidak termasuk :

  •     VISA = tidak terdaftar eksklusif di Nasdaq
  •     ETF = bukan dari perusahaan individual

 

 Siapa yang harus berinvestasi disini ?

Berinvestasi dalam indeks saham adalah pilihan yang baik jika Anda tidak memiliki waktu untuk belajar trading saham, atau keinginan untuk meneliti lebih dalam saham individu untuk diinvestasikan, atau juga jika Anda belum memiliki pengetahuan yang dalam mengenai cara bermain trading saham.

Warren Buffett pernah menyebutkan bahwa market indeks adalah pilihan investasi terbaik bagi mayoritas orang Amerika. Jika Anda memiliki waktu dan keinginan untuk berinvestasi di saham individu dengan benar, kami mendorong Anda untuk melakukannya, tetapi jika tidak, tidak ada salahnya menempatkan portofolio investasi Anda secara autopilot dengan dana bebas yang merupakan dana yang bukan berasal dari pinjaman, ataupun dana simpanan untuk keadaan darurat maupun dana untuk kebutuhan penting atau biaya hidup harian. 

Tidak lupa juga, karena Indeks Nasdaq telah memberikan banyak dampak terhadap kelas teknologi saat ini, seperti Apple, Microsoft, dan Amazon, maka Indeks Nasdaq juga dapat menjamin akan memberikan dampak besar juga ke teknologi masa depan. Jadi, Indeks Nasdaq bisa menjadi pilihan investasi yang bagus jika Anda belum merasa nyaman memilih saham individu atau jika Anda ingin eksposur luas ke sektor teknologi.  

Untuk memulai trading saham, komoditi emas ataupun komoditas lainnya seperti emas, perak, dan oil Anda bisa memilih broker terpercaya dan teregulasi oleh BAPPEBTIl seperti TPFx yang bebas dari biaya swap atau biaya inap, memiliki spread yang rendah, variasi komoditas yang beragam dan lengkap, hingga Anda bisa memulai trading menggunakan modal yang minim dengan leverage sampai 1:400. Ingin raih keuntungan trading? Buka akun trading Anda sekarang!

 

Campaign Jurnal Zero Zero

Leave a Comment

Sahid Soedirman Center, Lt. 20A/E,
Jl. Jenderal Sudirman No 86
Kec. Tanah Abang, DKI Jakarta, 10220

Tentang Kami

Disclaimer : Semua informasi dan data yang tersaji dalam website ini, bukanlah merupakan anjuran / rekomendasi untuk membeli / menjual di pasar saham, forex, atau komoditas. Trading mempunyai potensi keuntungan serta resiko kerugian, oleh karena itu setiap investor dan trader harus membekali dirinya sendiri dengan pengetahuan yang cukup mengenai potensi keuntungan/ kerugian tersebut sebelum mengambil keputusan. Setiap keputusan transaksi harus merupakan keputusan personal sehingga tanggung jawabnya ada pada masing-masing personal yang membuat keputusan tersebut. tpfx.co.id tidak bertanggung jawab atas segala keputusan investasi yang dilakukan oleh siapapun, baik itu yang mendatangkan keuntungan ataupun kerugian, dengan kondisi dan situasi apapun juga, yang diakibatkan secara langsung maupun tidak langsung.
Risk Disclosure : Perdagangan berjangka memiliki peluang dan resiko yang tinggi. Apabila anda hendak berinvestasi dalam perdagangan berjangka, anda terlebih dahulu harus mengerti dan memahami kegiatan perdagangan berjangka serta isi dari perjanjian dan peraturan transaksi.

© 2023. PT Trijaya Pratama Futures