Home » Apa itu Dow Jones?

Apa itu Dow Jones?

by TPFx Researcher
424 views
Campaign Jurnal Years End Stars

Dow Jones Industrial Average adalah indeks saham yang melacak 30 perusahaan AS terbesar. Selain terbesar di Amerika, 30 perusahaan tersebut bisa dikatakan “giant capital and asset” di dunia dimana ke 30 perusahaan ini memiliki cabang hampir di seluruh negara di dunia seperti American Express Bank, Caterpillar, Boeing, Chevron, Walt Disney, Intel, Gold Sach Group dll. Indeks Dow Jones dikelola oleh S&P Dow Jones Indices, sebuah perusahaan yang mayoritas nya dikendalikan oleh perusahaan informasi dan analitik keuangan S&P Global.

Dow Jones Industrial Average tidak hanya mencakup saham industri, tetapi juga saham dari sebagian besar sektor dan industri, kecuali utilitas dan transportasi, yang diukur dengan indeks lain yang khusus untuk bidang tersebut. Sebagian besar perusahaan yang terdaftar di Dow Jones Industrial Average berdagang di New York Stock Exchange. Maka menurut S&P Global, Dow Jones adalah tolak ukur pasar ekuitas Amerika yang terkenal di dunia.

 

Indeks Baru atau Indeks Lama?

Dow Jones Industrial Average adalah salah satu indeks saham tertua yang mana didirikan pada 1896. Kinerjanya secara luas dianggap sebagai tolak ukur yang berguna untuk kesehatan market saham Amerika trade saham.

Awalnya, Dow Jones index hanya mengurus 12 perusahaan. Sebagian besar adalah perusahaan industri seperti General Electric. Namun seiring berjalannya waktu, saat ini fokus indeks menjadi lebih global dan besar, dimana awalnya hanya untuk mengukur kinerja saham – saham untuk sektor industri. Saat ini kinerja bursa Dowjones ini menjadi tolak ukur bagi bagus atau tidaknya serta sehat atau tidaknya seluruh indeks saham yang ada di Amerika. Hal ini membuat jumlah saham dalam indeks bertambah. Sejak 1928, indeks telah mengurus sekitar 30 perusahaan.

 

Bagaimana Menghitung Valuasi Dow Jones?

Pada Juni 2022, pembagi Dow adalah 0,151728. Dengan menggunakan pembagi ini, Anda dapat menghitung nilai indeks Dow Jones dengan menjumlahkan harga saham dari 30 perusahaan Dow dan membaginya dengan 0,151728.

Setiap perubahan harga saham perusahaan yang terdaftar di Dow mempengaruhi nilai indeks secara merata, sesuai dengan visi awal pendirinya; Charles Dow. Maka pergerakan saham dengan harga tertinggi juga memiliki dampak besar pada nilai indeks.

  

Berinvestasi dalam Indeks Dow 

Anda dapat membeli indeks Dow melalui bursa opsi CBOE Global Markets (NYSEMKT:CBOE) dan kontrak berjangka Dow menggunakan CME Group (NASDAQ:CME) Chicago Mercantile Exchange. Jenis sekuritas ini paling cocok untuk investor berpengalaman karena opsi perdagangan dan berjangka tinggi berisiko.

Untuk trading saham pemula yang menginginkan main saham berkapitalisasi besar yang sudah dikenal, indeks Dow Jones merupakan titik awal yang bagus untuk Anda. Itu terutama benar jika Anda ingin berinvestasi di perusahaan blue chip, yang umumnya memiliki saham yang bagus untuk trading karena paling stabil dan menguntungkan di pasar.  

Anda bisa mulai trading melalui indeks saham besar dunia seperti NASDAQ, Dow Jones, S&P 500, Han Seng, dan Nikkei 225 melalui broker terpercaya seperti TPFx. Dapatkan keuntungan tambahan dari trading dengan buka akun Anda saat ini juga!

Campaign Jurnal Years End Stars

Leave a Comment

Sahid Soedirman Center, Lt. 20A/E,
Jl. Jenderal Sudirman No 86
Kec. Tanah Abang, DKI Jakarta, 10220

Tentang Kami

Disclaimer : Semua informasi dan data yang tersaji dalam website ini, bukanlah merupakan anjuran / rekomendasi untuk membeli / menjual di pasar saham, forex, atau komoditas. Trading mempunyai potensi keuntungan serta resiko kerugian, oleh karena itu setiap investor dan trader harus membekali dirinya sendiri dengan pengetahuan yang cukup mengenai potensi keuntungan/ kerugian tersebut sebelum mengambil keputusan. Setiap keputusan transaksi harus merupakan keputusan personal sehingga tanggung jawabnya ada pada masing-masing personal yang membuat keputusan tersebut. tpfx.co.id tidak bertanggung jawab atas segala keputusan investasi yang dilakukan oleh siapapun, baik itu yang mendatangkan keuntungan ataupun kerugian, dengan kondisi dan situasi apapun juga, yang diakibatkan secara langsung maupun tidak langsung.
Risk Disclosure : Perdagangan berjangka memiliki peluang dan resiko yang tinggi. Apabila anda hendak berinvestasi dalam perdagangan berjangka, anda terlebih dahulu harus mengerti dan memahami kegiatan perdagangan berjangka serta isi dari perjanjian dan peraturan transaksi.

© 2023. PT Trijaya Pratama Futures